Proses Bayi Tabung

Proses bayi tabung merupakan penemuan baru oleh akal manusia di bidang kedokteran yang sejak lama diusahakan para pakar kandungan untuk menolong para wanita yang sulit hamil. Metode yang dipakai ialah dengan cara mengambil ovum dari wanita dan sperma dari pria yang kemudian ditampung di dalam sebuah tabung dalam jangka waktu tertentu dengan derajat panas tertentu seperti dalam rahim ibu.

Proses Bayi Tabung

Proses Bayi Tabung

Ini melalui beberapa proses perkembangan, kemudian setelah saatnya tiba benih itu dimasukkan ke dalam rahim ibu untuk perkembangan berikutnya sampai saatnya calon bayi itu lahir.

Dalam hal ini, para dokter itu tidak melakukan atau menciptakan sesuatu apa pun. Mereka hanya memindahkan ovum dan sperma itu saja, bukan menciptakannya jadi proses bayi tabung itu tidak bertentangan dengan apapun.

Dalam Proses Bayi Tabung  pertemuan sel sperma dengan sel telur kadang-kadang dibutuhkan pula bantuan mansuia. Proses ini disebut sebagai pembuhan buatan, pembuahan in vitro ata pembuahan bayi tabung. Meskipun disebut bayi tabung pada praktiknya sang bayi tidak dibesarkan di dalam tabung. Yang terjadi adalah sel sperma dan sel telur dipertemukan dalam sebuah tabung dan setelah pembuahan terjadi, maka sel itu pun dikembalikan ke dalam rahim seorang perempuan.

Biasanya perempuan itu adalah ibu dari si calon bayi yang akan lahir kelak. Namun, adakalanya perempuan sang calon ibu itu ternyata tidak mampu mengandung bayi tersebut karena berbagai halangan. Dalam keadaan ini bisa juga dicarikan seseoranhg yang mau menjalani proses kandungan itu hingga kelak tiba waktunya untuk si bayi dilahirkan.

Jika Anda memutuskan ingin melakukan proses bayi tabung, maka  ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan terlebih dahulu, yakni :

  1. Anda harus meyakinkan diri sendiri terlebih dahulu bahwa Anda ingin benar melakukannya sehingga memperlancar dari proses bayi tabung yang akan Anda lakukan.
  2. Untuk menjaga kesehatan tubuhnya maka disaat sperma akan dimasukkan Anda bisa mengontrol keadaan hormon yang seusia dengan yang diinginkan dan akan berlangsung selama kurang lebih 3 minggu.
  3. Persiapan dengan fisik dan juga mental disaat proses mengeluarkan sel telur dari rahim serta dengan menggunakan proses penyeleksiannya utuk bisa mendapatkan sel telur yang paling baik untuk bisa menjadi bakal dari proses bayi tabung.
  4. Persiapan selanjutnya adalah proses injeksi sel telur untuk dimasukkan ke dalam rahim setelah sel tersebut diteliti bisa dibuahi dengan melalui prose in vitro fertillization.
  5. Jika sudah melalui proses injeksi, maka selanjutnya wanita kembali akan disuntikkan hormon untuk membantu menguatkan sel telur selama kurang lebih 17 hari
  6. Persiapan mental merupakan hal yang diperlukan Karena hal ini menentukan apakah proses bisa dilakukan dengan hasil yang baik atau tidak berhasil. Jika tidak berhasil maka akan ada tahapan dari awal lagi.

Dibawah ini tahapan proses bayi tabung adalah :

  1. Persiapan petik ovum
    proses ini terjadi dilakukan melalui dua bagian yakni fase down regulation dan juga terapi sytimulasi.
    - Fase down regulation merupakan suatu tahapan dalam proses bayi tabung untuk menciptkana suatu keadaan agar indung telur siap untuk menerima terapi stimulasi yang akan berlangsung selama kurang lebih antara 2 minggu – 1 bulan. Dan setelah fase ini.
    - Terapi stimulasi yang dilakukan dengan tujuan untuk merangsang terjadinya pertumbuhan pada folikel yang ada di indung telur yang paling siap dan juga paling matang disaat mulai operasi peti ovum.
  2. Tahapan proses bayi tabung kedua adalah operasi petik ovum pick-up. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan indung telur mana yang paling matang dan siap untuk diambil dan dijadikan sebagai proses awal dari pembuatan bayi tabung
  3. Tahapan ketiga adalah melalui dua fase :
    - Transfer embrio merupakan suatu proses pada progra bayi tabung dengan cara memasukkan dua atau juga lebih dari embrio yang sudah diseleksi dan dipilih di dalam rahim
    - Terapi obat penunjang kehamilan yang diberikan pada wanita untuk membantu mempersiapkan rahim agar bisa membuat embrionya bisa berkembang dengan cara yang lebih normal

Jika Anda ingin hamil dan ingin punya anak dengan cara bayi tabung, maka hal yang harus Anda ketahui juga adalah Anda harus mengatur pola hidup Anda dengan baik. Mengonsumsi makanan-makanan yang sehat yang bisa menunjang kehamilan yang sehat juga bisa menjadi salah satu faktor mendapatkan kehamilan yang sehat juga. Karena bayi tabung berbeda dengan bayi yang normal, maka Anda perlu melakukan pemeriksaan dengan rutin ke dokter setiap minggu atau bahkan setiap bulannya.

Proses Bayi Tabung


=====================================

>>> Siapa yang tidak subur? Suami atau Istri? Ikuti Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Proses Bayi Tabung and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>